ETS-3 PBO

ETS 3 PBO

1. Skenario Fungsionalitas

1. Pada video tersebut, diawali dengan pengguna memasukkan kartu lalu melalukan login dengan input pin akunnya berupa 6 angka.  Kemudian, pin tersebut dicocokkan dengan id yang tersedia di kartu, dan pin yang sesuai ada database bank tersebut. Jika sesuai, langsung masuk pada menu utama. 

2. Di dalam menu – menu tersebut terdapat banyak sekali fitur atau fungsi seperti metode tarik tunai (dari default penarikan nominal Rp 250.000, Rp 500.000, Rp 1.000.000, Rp 1.250.000 serta penarikan dalam jumlah lain), Registrasi E-Channel, Informasi & Mutasi, dan menu lain. Menu – menu tersebut terdapat pada screen pertama. Lalu setelah dipilih menu lain terdapat beberapa menu lainnya seperti ganti pin, transfer, pembayaran, penarikan tunai, informasi saldo, uang elektronik, BNI Simponi/DPLK, dan menu sebelumnya. Fitur atau fungsi utama yang dipilih pada video ini adalah TRANSFER

3. Lalu muncul pilihan tujuan ke rek. Bank BNI (Bank yang sama) atau ke rek. Bank lainnya. Setelah dipilih ke tujuan rek.Bank BNI, pengguna memasukkan tujuan rekening (disini berupa kode pembayaran yang diberikan oleh pihak Tokopedia), lalu pengguna memilih “tekan jika benar”.

4. Kemudian, pengguna berlanjut menginput nominal yang akan di bayarkan (sesuai nominal tagihan yang terdapat di pembelian Tokopedia), Lalu dipilih “tekan jika benar”. 

5. Kemudian ada screen berita yang bisa diisi ataupun tidak (disini dikosongi), pilih “Tekan jika benar”. 

6. Lalu muncul screen konfirmasi pembayaran yang terdiri atas Rek. Asal, rek. Tujuan, nama tujuan, nominal jumlah, dan berita. Kemudian ditekan “tekan jika ya” jika sudah benar semuanya. 

7. Kemudian muncul screen penawaran untuk memilih menu lainnya, lalu dipilih tidak. 

8. Dan kartu telah keluar dan dapat diambil, serta struk bukti transfer yang keluar.

 

2. Class dan Diagram Class

Diagram Class :



Gambar Diagram Class

Definisi Class :
        ATM : Class ini sebagai menu utama atau Main class dari Mesin ATM
        Akun : Class ini sebagai akun dari pengguna/nasabah
        Transfer : Class ini akan melakukan segala proses transfer hingga selesai

3. Implementasi Rancangan Class

        1. Source Code ATM : 


        2. Source Code Akun : 


        3. Source Code Transfer : 


        4. Output : 





4. Video Demo



Komentar

Postingan Populer