TUGAS RK-3- Tugas Elisitasi Kebutuhan

 

TUGAS RK-3 - Elisitasi Kebutuhan

Anggota Kelompok :

05111940000049 - Muhammad Bagus Istighfar
05111940000093 - Riki Mi'roj Achmad
05111940000081 - Kirana Zea S M
Kelas : Rekayasa Kebutuhan A

            Aplikasi yang akan dilakukan elisitasi adalah My-TRAC (My Travel Companion). My-TRAC adalah aplikasi smartphone untuk pengguna transportasi umum maupun pribadi dan platform layanan transportasi untuk operator. Aplikasi ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dengan menawarkan informasi rencana perjalanan sesuai dengan preferensi dan state-of-mind pengguna. Di sisi lain, operator akan menerima akses ke behavioural data untuk meningkatkan dan memperbarui model dan layanan mereka melalui platform operator My-TRAC.


REQUIREMENT ELICITATION METHODOLOGY

Dalam melakukan elisitasi requirement untuk My-TRAC, metodologi yang digunakan adalah gabungan dari beberapa teknik requirement elicitation, yaitu brainstorming, focus group, dan document analysis. Pada proses elisitasi, beberapa langkah yang harus dilakukan adalah

  1. Membuat storyline; yaitu deskripsi mengenai proses yang mungkin bisa dilakukan pengguna atau operator pada aplikasi My-TRAC
  2. Membuat use case; berdasarkan storyline yang ada
  3. Mendefinisikan general functionalities; digunakan untuk menggambarkan service yang disediakan dan cara service tersebut memenuhi kebutuhan pengguna secara umum
  4. Mengidentifikasi kebutuhan fungsional dan non-fungsional; dari hasil membreakdown general functionalities


REQUIREMENT ELICITATION

STORYLINE

Terdapat 7 storyline yang dibuat pada proses elisitasi

  1. Registrasi pengguna pada aplikasi My-TRAC

    Storyline ini menggambarkan registrasi penggunna, untuk pertama kalinya di aplikasi My-TRAC. Aplikasi dapat menampilkan pertanyaan dan request serta melihat bagaimana pengguna merespon.

  2. Perjalanan point-to-point pengguna

    Ketika pengguna memasukkan titik awal dan tujuan perjalanannya, aplikasi menunjukkan semua pilihan yang tersedia dan selalu berdasarkan preferensi dan profil pengguna

  3. Perjalanan pengguna dengan sekelompok orang

    Dalam case ini aplikasi mempertimbangkan preferensi dan perjalanan member grup untuk menciptakan rute yang paling baik untuk semuanya dan juga untuk merekomendasikan kegiatan kelompok yang cocok untuk semua orang dalam kelompok

  4. Perjalanan pengguna dengan transaksi tiket

    Storyline ini menggambarkan perjalanan yang memerlukan pembelian tiket. Aplikasi My-TRAC memprediksi atau membaca dari calendar aktivitas yang akan dilakukan dan menampilkan daftar pilihan pembelian tiket yang dapat dipilih pengguna

  5. Perjalanan pengguna ke luar negeri

    Dalam case ini aplikasi perlu menyesuaikan dan menentukan kondisi baru (seperti lokasi hotel, ketersediaan mobil, pola no-commuting) dan untuk mendapatkan update tentang rencana aktivitas pengguna dari calendar

  6. Registrasi operator dan query data

    Saat operator membuka My-TRAC untuk registrasi, layar sign up/log in muncul, meminta beberapa informasi yang diperlukan untuk identifikasi. Setelah diverifikasi, operator dapat menggunakan search module untuk mengambil data

  7. Penyediaan informasi oleh operator

    Operator dapat memberikan informasi ke platform melalui UI. Operator pertama-tama menambahkan pesan atau pengumuman yang penting ke platform lalu akan diteruskan ke pengguna.


USE CASE

Didapatkan 20 use case dari storyline di atas

  1. Pengguna melakukan registrasi
  2. Pengguna membuat perjalanan
  3. Sistem mendeteksi perubahan dan gangguan pada rute selama perjalanan
  4. Sistem memberikan rekomendasi aktivitas
  5. Sistem menampilkan navigasi perjalanan
  6. Sistem mendeteksi perubahan negara
  7. Sistem memberikan notifikasi sesuai preferensi pengguna
  8. Pengguna membayar tiket transportasi, layanan, dan aktivitas
  9. Sistem berkomunikasi dengan third-party service
  10. Pengguna membuat rencana perjalanan panjang dan kompleks
  11. Pengguna memberikan feedback kepada aplikasi
  12. Pengguna membuat grup dengan pengguna lain
  13. Pengguna menambahkan member baru ke grup
  14. Pengguna menghapus member dari grup
  15. Pengguna menghapus grup
  16. Pengguna menghapus profilnya dari aplikasi
  17. Pengguna merequest data personalnya yang ada pada aplikasi
  18. Operator melakukan registrasi
  19. Sistem memberikan statistik berkaitan dengan travel behaviour pengguna
  20. Operator menambahkan data pengumuman atau informasi


GENERAL FUNCTIONALITIES

Use case di atas diklasifikasikan sesuai fungsionalitasnya

Pengguna

  1. Registrasi atau sign-in (dengan e-mail atau Facebook)

    [Use case 1]

  2. Profile dan preferensi

    [Use case 1]

  3. Pemberian rekomendasi

    [Use case 2, 4]

  4. Tracking dan navigasi perjalanan

    [Use case 2, 5, 6]

  5. Koneksi third party services, notifikasi, dan ticketing penyedia layanan

    [Use case 7, 8, 9, 10]

  6. Update perubahan jaringan berdasarkan lokasi

    [Use case 2, 3]

  7. Rekomendasi untuk grup

    [Use case 12, 13, 14, 15]

  8. Feedback pengguna

    [Use case 11]

  9. Perlindungan data (GDPR)

    [Use case 16, 17]

Operator

  1. Registrasi (dengan melampirkan beberapa dokumen penting) dan log in

    [Use case 18]

  2. Penambahan pengumuman dan data

    [Use case 20]

  3. Permintaan informasi

    [Use case 19]

  4. Feedback operator

    [Use case 20]


REQUIREMENTS

Dari satu fungsionalitas, dapat dihasilkan satu atau lebih kebutuhan. Di bawah ini akan dicantumkan fungsionalitas dan kebutuhan yang dihasilkannya beserta deskripsinya.

FUNCTIONAL REQUIREMENTS

  1. [ Pengguna ] Registrasi atau sign-in (dengan e-mail atau Facebook)
    1. Pop up screen untuk sign up atau log in → Interface untuk registrasi pengguna harus dibuat. Dapat berbentuk layered screens, dengan progress indicator di bawahnya. Layered screens dapat di design sedemikian rupa agar setelah pengguna memasukkan input, layar yang lama hilang, dan layar yang baru muncul. Hal ini mencegah pengguna merasa pertanyaannya banyak.
    2. Continuous log in → Pengguna harus tetap login setelah registrasi dan akan disconnect jika pengguna meminta. Hal ini membuat aplikasi lebih mudah digunakan dan lebih sering dipakai.
    3. Online support dan komunikasi dengan aplikasi → Fitur ini membantu dalam case seperti ketika seorang pengguna tidak menerima email verifikasi registrasi, atau ketika mendapat problem dengan respon aplikasi.
  2. [ Pengguna ] Profile dan preferensi
    1. Koneksi ke social media dan calendar → Aplikasi meminta permission untuk connect ke social media pengguna untuk mengambil informasi. Pengguna juga dapat menolak koneksi tersebut.
    2. Data collection pengguna → Aplikasi mengumpulkan data dari social media, dari input pada saat registrasi, dari history perjalanan dan grup, dan menyimpannya di dalam database
    3. Edit profile pengguna → Pengguna memiliki kemampuan untuk mengedit informasi pribadi dan memperbaruinya profil kapan saja dia memilih.
    4. Informasi history pengguna → Di bagian profile menyimpan history perjalanan pengguna (yaitu lokasi, waktu dan mode), preferensi atau aktivitas yang sudah berjalan, perjalanan grup yang telah diselesaikan atau grup yang diikuti. Dengan cara ini, aplikasi akan melakukan learning tentang perilaku pengguna dan memberikan rekomendasi yang lebih baik.
    5. Privasi data → Aplikasi My-TRAC harus mematuhi GDPR dan memastikan privasi dan keamanan data pribadi pengguna (social media, lokasi real-time, dll.). Dalam dokumen terms and conditions, pengguna diberi tahu dengan jelas tentang jenis data pribadi yang dikumpulkan dan tujuannya, dan pengolahan data ini. Untuk menggunakan aplikasi, pengguna harus menerima bahwa aplikasi akan menggunakan informasi dan perilakunya secara anonim selama perjalanan.
  3. [ Pengguna ] Pemberian rekomendasi
    1. Filtering dan perencanaan untuk rute yang memungkinkan dan mode → Aplikasi My-TRAC mampu memahami perilaku pengguna untuk memberikan perencanaan dan rekomendasi perjalanan yang sesuai, berdasarkan aspek perilaku pengguna, preferensi, dan data dari pengguna lain dengan pola perilaku yang serupa.
    2. Dapat bekerja dengan offline → Aplikasi dapat berjalan meskipun tanpa koneksi internet. Dalam hal ini, pengguna telah mengatur perjalanannya sebelum waktu keberangkatan, dan dapat mengambil informasi yang dibutuhkan kapan saja di bagian “My trips”.
    3. Pengambilan data dan pengujian → Untuk meningkatkan kinerja rekomendasinya, aplikasi My-TRAC mengumpulkan dan menganalisis data dari pengguna lain. Informasi ini dikumpulkan dari social media & calender masing-masing pengguna, dari jawaban mereka atas input pertama dan dari history perjalanan mereka. Setelah dikumpulkan, data akan dianalisa secara anonim, sehingga aplikasi dapat membuat daftar pola perilaku. Data ini kemudian dikategorikan dan digunakan untuk meningkatkan rekomendasi tentang transportasi dan aktivitas.
  4. [ Pengguna ] Tracking dan navigasi perjalanan
    1. Koneksi GPS → Aplikasi meminta koneksi GPS untuk menemukan letak dari pengguna dan memandu di sepanjang rute (tracking perjalanan). Jika pengguna tidak mengizinkan koneksi GPS, pengguna dapat memasukkan informasi perjalanan dan aplikasi dapat mengira-ngira letak pengguna, berdasarkan waktu keberangkatan dan jadwal perjalanannya
    2. Trip chain → Aplikasi ini mampu mengintegrasikan semua perjalanan pengguna yang dapat membeli tiket all-in-one. Jika terjadi gangguan atau keterlambatan, aplikasi dapat mendeteksi, mengubah, dan menyesuaikan rencana perjalanan yang sesuai. Aplikasi juga mampu merekomendasikan aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengguna dan memasukkannya ke dalam proses perencanaan. Rencana perjalanan mencakup informasi tentang availability dan biaya untuk setiap perjalanan dan total perjalanan, beserta transitnya jika diperlukan.
  5. [ Pengguna ] Koneksi third party services, notifikasi, dan ticketing penyedia layanan
    1. Koneksi third party services → Aplikasi My-TRAC membuat metode data sharing yang efisien di antara banyak aplikasi (mis., MaaS, operator apps, Airbnb, booking, dll.).
    2. Social Market services → My-TRAC mensupport interaksi antara pengguna dengan serangkaian service provider selama perjalanan (misal, menawarkan diskon khusus kepada pengguna untuk taksi, hotel, atau museum, akses ke Wi-Fi)
    3. Transaksi pembayaran → Aplikasi My-TRAC menggabungkan layanan transaksi untuk membeli tiket, sehingga pengguna dapat menerima perjalanan dan tiket dengan satu click. Pengguna dapat menambahkan metode pilihan pembayaran ke profilnya. Jika terjadi pembatalan perjalanan, pengguna dapat meminta refund
  6. [ Pengguna ] Update perubahan jaringan berdasarkan lokasi
    1. Pop up notification dan peringatan → Ketika terjadi gangguan (seperti delay atau perubahan services), sebuah peringatan akan muncul di layar smartphone pengguna. Notifikasi juga bisa muncul saat membuka aplikasi, berisi tentang berita dan updates.
    2. Online support dan komunikasi dengan aplikasi → Jika aplikasi tidak menginformasikan adanya perubahan, pengguna dapat berkomunikasi dengan service provider aplikasi, menginformasikan tentang adanya hal yang tak terduga, untuk diinformasikan ke pengguna lainnya.
  7. [ Pengguna ] Rekomendasi untuk grup
    1. Mencocokkan preferensi member grup → Setelah membuat grup, preferensi member dicocokkan, sehingga aplikasi dapat menyarankan rekomendasi terbaik untuk grup.
    2. Kemampuan pengguna untuk memodifikasi grup → Dapat menambahkan member baru ke dalam grup atau menghapus member dari grup dengan persetujuan admin grup
    3. Komunikasi dengan sesama pengguna melalui aplikasi → Member dari grup yang sama atau pengguna dengan rencana perjalanan yang sama dapat berkomunikasi melalui aplikasi. Kebutuhan ini dapat berlaku pada pengguna yang tidak berpergian dengan grup yang ingin berkomunikasi dengan pengguna lain dengan interest dan jadwal perjalanan yang sama. Komunikasi tidak harus berupa instant messaging tetapi dapat berupa bentuk lain, seperti seorang pengguna diberi rekomendasi sesuatu di luar grup dan di-share di grup agar orang lain dapat bergabung.
  8. [ Pengguna ] Feedback pengguna
    1. Memberi rating kepada rekomendasi pengguna lain → Pengguna dapat memberikan rekomendasi dari dirinya ke aplikasi (tempat untuk dikunjungi atau mode untuk digunakan), dan rekomendasi ini dapat dinilai oleh pengguna lain.
    2. Feedback untuk aplikasi → Feedback yang diberikan pengguna dapat membantu untuk meng-improve dan meng-update aplikasi. Feedback dapat berupa sistem five-star rating atau mengisi form.
  9. [ Pengguna ] Perlindungan data (GDPR)
    1. Pengambilan personal data → Pengguna dapat mengambil semua data pribadinya yang dimiliki My-TRAC kapan saja.
    2. Penghapusan personal data dan profile → Pengguna dapat menghapus profilenya dan semua data pribadinya dan juga akan dihapus dari database.
  10. [ Operator ] Registrasi (dengan melampirkan beberapa dokumen penting) dan log in
    1. Akses hanya untuk pengguna tertentu → Dokumen yang diperlukan harus dilampirkan ketika registrasi agar akses hanya diberikan ke member resmi dari perusahaan operator
    2. Pembuatan profile → Profile operator dibuat dalam database sistem, sehingga data dari operator disimpan di satu tempat.
  11. [ Operator ] Penambahan pengumuman dan data
    1. Interface untuk mengupload data → Aplikasi menampilkan UI dengan dua opsi, "Upload data" (dengan interactive map untuk menambahkan informasi adanya gangguan atau kalender untuk jadwal) atau "Send announcement" (misalnya, tentang delay kereta) sehingga operator dapat mengupdate stasiun/lokasi/rute dengan informasi yang diperlukan.
    2. Data analysis dan storage untuk informasi dari operator → Informasi atau pengumuman dari operator dianalisa, dikategorikan dan disimpan.
    3. Meneruskan informasi ke pengguna → Setelah operator mengupload data, sistem membedakan jenis informasi yang diunggah (pesan urgent atau update) dan akan memperingatkan atau memberi tahu pengguna dengan pesan atau notifikasi.
  12. [ Operator ] Permintaan informasi
    1. Data filtering dengan server platform dan visualisasinya → Ketika operator mengambil data di search UI, aplikasi melakukan pencarian di databasenya.
  13. [ Operator ] Feedback operator
    1. Sistem rating platform → Operator harus memberikan review melalui pengisian form atau memberikan rating untuk improvement dari aplikasi.


NON-FUNCTIONAL REQUIREMENTS

  1. Performance → Aplikasi memberikan informasi dalam waktu respon yang cepat.
  2. Usability → Aplikasi mudah digunakan dan dihandle, menampilkan interface yang user-friendly.
  3. Availability → Aplikasi berjalan untuk membantu pengguna 24/7 jam.
  4. Reliability → Aplikasi berjalan tanpa failure dan memberi tahu pengguna jika ada sesuatu yang salah
  5. Recoverability → Aplikasi memiliki kemampuan recovery yang cepat dari system failure
  6. Security → Aplikasi menjamin privasi data pengguna, dengan mencegah unauthorized access ke informasi personal.
  7. Data integrity → Aplikasi menjamin keakuratan dan konsistensi data karena sistem menyimpan, menganalisa, dan mengambil data secara terus-menerus
  8. Extensibility → Aplikasi diupdate secara berkala dengan menambahkan fitur baru sesuai feedback dari pengguna

Komentar

Postingan Populer