EVALUASI AKHIR SEMESTER REKAYASA KEBUTUHAN A
EVALUASI AKHIR SEMESTER REKAYASA KEBUTUHAN A
Nama : Muhammad Bagus Istighfar
NRP : 05111940000049
Kelas : Rekayasa Kebutuhan A
Kelas : Rekayasa Kebutuhan A
1. Deskripsikan Kebutuhan Fungsional dan Non Fungsional aplikasi pemesanan gedung acara. (Mandiri - Waktu pengerjaan hingga hari Selasa 07 Juni 2022 pukul 10.00)
JAWABAN :
KEBUTUHAN FUNGSIONAL :
Customer :
Pemilik Venue :
- Customer dapat mendaftar akun
- Customer dapat mengubah data akun
- Customer dapat melakukan pencarian venue tersedia dengan filter pencarian
- Customer dapat melihat detail venue
- Customer dapat melihat mekanisme pemesanan
- Customer dapat melakukan transakasi pemesanan
- Customer dapat melakukan pembayaran
- Customer dapat mellihat riwayat pemesanan
- Customer dapat melihat review venue
- Customer dapat mengisi review venue
- Customer dapat melihat promo sewa venue
- Customer dapat menghubungi admin melalui contact us
- Pemilik Venue dapat mendaftar akun
- Pemilik Venue dapat mengubah data akun
- Pemilik Venue dapat menambahkan list venue
- Pemilik Venue dapat mengubah detail venue
- Pemilik Venue dapat menghapus list venue
- Pemilik Venue dapat mellihat list pesanan masuk
- Pemilik Venue dapat melihat review venue
- Pemilik Venue dapat menghubungi admin melalui contact us
- Admin dapat melakukan login
- Admin dapat melihat data Customer
- Admin dapat melihat data Pemilik Venue
- Admin dapat melihat detail venue
- Admin dapat review venue
- Admin dapat menambahkan promo sewa
- Admin dapat menghapus promo sewa
- Admin dapat menghapus akun pemilik venue yang melanggar atau sudah lama tidak aktif
KEBUTUHAN NON-FUNGSIONAL :
Operasional :
- Sistem dapat dijalankan oleh beberapa software web browser diantaranya Internet Explorer, Google Chrome dan Mozilla Firefox.
- Sistem harus responsi dalam berbagai tampilan.
- Sistem memiliki tampilan (antar muka) yang mudah dipahami.
- Sistem dapat berjalan lancar dan cepat. User tidak menunggu lebih dari 5 detik
- Sistem dapat berjalan 24 jam
- Sistem dapat menampung akses user bersamaan
- Sistem dapat menjaga keamanan data user
- Sistem aman dari segala virus ataupun malware
- Sistem hanya untuk daerah di Indonesia
- Sistem harus memiliki regulasi tentang pengolahan data, mengikuti Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU 19/2016”).
2. Gambarkan dan beri penjelasan model RML nya (Requirement Modelling Language)
BUSINESS OBJECTIVE MODEL
Aplikasi ini berawal dari seseorang yang ingin memecahkan masalah orang lain yakni kesusahan mencari penyewaan gedung yang tepat dan sesuai. Akhirnya pemilik usaha "Hall Rent" membuat suatu sistem yang dapat menyelesaikan permasalahan ini. Orang tersebut ingin memberikan pelayanan secara online dan detail. Pada permasalahan 2 sistem ini memberikan informasi detail seputar gedung untuk perbandingan gedung satu dengan yang lainnya. Agar user memiliki kebebasan dalam memilih gedung yang tepat dan sesuai. Pada permasalahan 2 ini menghasilkan product concept yakni Cari Gedung dan Lihat Detail Gedung. Pada permasalahan 3 setiap user ingin melakukan transaksi ini dengan mudah, online dan realtime. Dimana user ingin semakin praktis dalam melakukan transaksi. Sehingga sistem memberikan pelayanan yang menghasilkan product concept yakni Sewa Gedung dan Integrasi Pembayaran. Pada pemasalahan ke 4 setiap user memiliki beberapa pertanyaan terkait pelayanan sistem. Sehingga sistem memberikan layanan dalam bentuk product concept yakni Menghubungi Kontak.
FEATURE TREE MODEL
Lv.1 : Pendaftaran
Lv.2 : Pendaftaran Akun
Lv.3 : Konfirmasi syarat dan ketentuan, Input kode OTP & Password
Lv.1 : Transaksi Penyewaan
Lv.2 : Sewa Gedung
Lv.3 : Memillih hari sewa, memilih paket sewa
Lv.2 : Integrasi Pembayaran
Lv.3 : Memillih metode pembayaran, konfirmasi pembayaran dengan realtime, membatalkan pembayaran
Lv.1 : Informasi Gedung
Lv.2 : Lihat Detail Gedung
Lv.2 : Cari Gedung
Lv.3 : Filter Pencarian
Lv.1 : Informasi Pelayanan
Lv.2 : Kontak Pelayanan
Lv.3 : Diteruskan ke email, diteruskan ke WA
Komentar
Posting Komentar